2.000 Vial Vaksin Sampai, Paiker Kebagian 49 Vial

EMPATLAWANG – Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menerima dan menyalurkan langsung vaksinasi Covid-19 Sinovac ke 10 Puskesmas dan RSUD di Bumi Saling Kruani Sangi Krawati, Senin (1/2).

Pukul 15.00 WIB, tim gabungan TNI-Polri, Pol PP dan BPBD serta 10 Kepala Puskesmas (Pakem), menanti kedatangan vaksinasi dari Dinkes Sumsel diback up oleh Brimob Polda Sumsel.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang Sulni mengatakan, sebanyak 2000 Vial Vaksin sudah diterima dan langsung kita distribusikan ke 10 Puskesmas, dan 1 RSUD Tebing Tinggi.

“Totalnya ada 11 titik, untuk vaksinasi dilakukan Kamis mendatang,” katanya.

Dikatakan Sulni, vaksinasi dibagi menjadi dua tahap dan penyutikan vaksinasi dilakukan dua kali kepada nakes yang akan diberikan vaksin.

“Dari 2000 vaksin, sisa dari pendistribusian tahap pertama akan disimpan digudang penyimpanan Dinkes Empat Lawang. Tahap pertama ini akan launching serentak direncanakan pada tanggal 4 Februari dan tahap kedua akan didistribusikan 14 hari kedepan dari tanggal penyuntikan tahap pertama,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Empat Lawang, AKBP Wahyu melalui Kabag Ops, AKP M. Harsono mengatakan, sebanyak 150 anggota gabungan dari anggota Polisi, TNI, dan Satpol PP yang diterjunkan untuk pengawalan vaksin tersebut.

Sementara, dengan pengawal dari personil TNI dan Polri, setelah menempuh waktu lebih kurang 2 jam dari Tebing Tinggi menuju Desa Nanjungan, sebanyak 49 vial vaksin pengadaan untuk Puskesmas Nanjungan Pasemah Air Keruh sampai ditempat dengan kondisi baik, pukul 18.00 WIB.

Kepala puskesmas, perwakilan Koramil Ulu Musi, Kapolsek dan Camat Paiker, menyambut kedatangan 1 bok biru yang berisi vaksin dan menyaksikan langsung petugas menyimpan vaksin dalam alat khusus agar kondisinya tetap baik sampai digunakan.

Kepala Puskesmas Nanjungan, Siti Khodijah menjelaskan vaksinisasi covid-19 akan dilakukan, Kamis (4/2) jam 08.00 WIB. Sasaran utama vaksinisasi adalah tenaga kesehatan.

Sedangkan, Camat Pasemah Air Keruh, Noperman Subhi berharap, semoga dengan adanya vaksinisasi akan bermanfaat bagi semuanya, membuat imun mereka lebih baik.(ken)